Fatwa Lajnah daaimah lil buhuts ilmiyyah wal iftaa tentang jamaah-jamaah muslim ..

بسم الله الرحمن الرحيم


Sekedar buat nambah pengetahuan kita, ini adalah  Fatwa Lajnah daaimah lil buhuts ilmiyyah wal iftaa tentang jamaah-jamaah muslim. Hal ini menunjukkan betapa lapangnya keilmuan para ulama islam, dan betapa banyaknya pemuda2 yang begitu bersemangat tentang islam telah berlaku serampangan .... mereka mengkafirkan dengan sembarangan tanpa memberi penjelasan yang objektif. Oh ya sumber asli buku ini belum diterjemahkan, adanya di perpustakaan LIPIA Jakarta, syukran jazakallah buat akhuna Yumroni [mahasiswa fakultas Syariah LIPIA] yang telah menerjemahkannya ...


فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
المجلد الثالث : العقيدة ، دار العاصمة ،الرياض – المملكة العربية السعودية
الفتوى رقم 4161 ، ص. 236
س : هل يجب على كل مسلم أن يكونوا له فرقة إسلامية ويكون لها أمير جماعة ، مع أن هذا يؤدي إلى تفرق أمر المسلمين وتفتت وحدتهم وتنازعهم ( ولا تنازعوا فتفشلوا ) سورة الأنفال : 46
ج : الواجب على المسلم أن يتبع ما جاء في كتاب الله تعالى وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم قولا وعملا واعتقادا ، وأن يحب في الله و يبغض في الله و يوالي في الله و يعادي في الله وأن يحرص على أن يكون أقرب الناس إلى الحق بقدر اتطاعته.

Kumpulan Fatwa Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Jilid  3 : Akidah,terbitan Darul 'Ashimah, Riyadh, Kerajaan Arab Saudi
Fatwa nomor 4161 hal.236
Pertanyaan : Apakah merupakan suatu kewajiban bagi kaum muslimin untuk mempunyai suatu kelompok Islam dan seorang amir Jama'ah ( pemimpin kelompok), padahal akan membuat kaum muslimin terpecah-pecah, dan membuat mereka berbantah-bantahan sebagaimana firman Allah swt: "dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar".( Q.S Al Anfsal : 46)
Jawaban : Kewajiban seorang muslim adalah mengikuti apa yang ada di dalam Kitabullah Al Quran dan Sunnah Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam berupa perkataan, perbuatan dan keyakinan, dan mencintai karena Allah, membenci karena Allah, menolong karena Allah dan memusuhi karena Allah, serta berusaha untuk menjadi orang yang paling dekat dengan kebenaran sebatas kemampuan.

الفتوى رقم 635 ، ص. 237
س : في العالم الإسلامي اليوم عديد فرق و طرق الصوفية ، مثلا : هناك جماعة التبليغ ، الإخوان المسلمون ، السنيين ، الشيعة ، فما هي الجماعة التي تبطق كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم ؟
ج: أقرب الجماعات الإسلامية إلى الحق و أحرصها على تطبيقه : أهل السنة : وهم أهل الحديث ، وجماعة أنصار السنة ، ثم الإخوان المسلمون.
وبالجملة فكل فرقة من هؤلاء وغيرهم فيها خطأ و صواب ، فعليك بالتعاون معها فيما عندها من الصواب ، واجتناب ما وقف فيه من أخطاء، مع التناصح والتعاون على البر والتقوى.
Fatwa nomor 620, hal. 237
Pertanyaan : Di dunia Islam sekarang terdapat banyak kelompok dan tarikat-tarikat sufi, seperti : Jama'ah Tabligh, Ikhwanul Muslimin, Assiniyyin, Syi'ah. Apakah jama'ah/ kelompok yang menerapkan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya?
Jawaban: Jama'ah / kelompok Islam yang paling dekat dengan kebenaran dan berusahan untuk merapkannya adalah Ahlussunnah yaitu : Ahlul Hadits, Ansharussunnah, Ikhwanul Muslimin.
Secara global, semua kelompok diatas dan kelompok yang lainnya mempunyai kesalahan dan kebenaran, engkau harus bekerjasama dengan kelompok tersebut dalam hal-hal yang benar, dan menjauhi dari hal-hal yang salah, disamping tetap menasehati dan bekerjasama dalam kebaikan dan ketakwaan.



الفتوى رقم 6280 ، ص. 238
س : الجماعات والفرق الموجودة الآن أقصد بها جماعة الإخوان المسلمين و جماعة التبليغ وجماعة أنصار السنة المحمدية والجمعية الشرعية والسلفيين ومن يسمونهم التكفير والهجرة ، وهذه كلها وغيرها قائمة بمصر. أسأل ما موقف المسلم منها ؟ وهل ينطبق عليها حديث حذيفة رضي الله عنه : (( فاعتزل تلك الفرق كلها ولو أن تعض بأصل شجرة حتى يدركك الموت وأنت على ذلك)) رواه الإمام مسلم في الصحيح.
ج : كل من هذه الفرق فيها حق و باطل و خطأ و صواب ، وبعضها أقرب إلى الحق والصواب وأكثر فيها وأعم نفعا من بعض ، فعليك أن تتعاون مع كل منها على ما معها من الحق وتنصح لها فيما تراه خطأ ، ودع ما يريبك إلى ما لا يريبك.
Fatwa nomor 6282, hal . 238
Pertanyaan : Jama'ah-jama'ah atau kelompok yang ada sekarang seperti Ikhwanul Muslimin, Jama'ah Tabligh, Jama'ah Ansharussunnah Muhammadiyah, Jam'iyah Syar'iyah, Salafi, dan kelompok yang menamakan diri mereka Takfir dan Hijrah, semua kelompok ini dan juga kelompok lainnya ada di Mesir, yang ingin saya tanyakan adalah : Bagaimana sikap muslim terhadap kelompok-kelompok tersebut?, apakah hadits yang diriwayatkan Huzdaifah radhiyallahu 'anhu termasuk dalam hal ini?, yaitu hadits yang berbunyi : " Maka jauhilah olehmu kelompok-kelompok itu walaupun kamu menggigit akar pohon sampai kamu mati dalam keadaan tersebut" (H.R Muslim dalam kitab Shahih)
Jawaban : Semua kelompok ini ada Haq dan Batil di dalamnya, begitu juga kebenaran dan kesalahan, sebagiannya ada yang lebih dekat kepada yang Haq dan kebenaran dan mempunyai manfaat yang banyak dari pada yang lain, maka engkau harus bekerjasama dengan kelompok yang terdapat kebenaran padanya dan menasehati kelompok yang mempunyai kesalahan, dan tinggalkanlah apa yang membuat kamu ragu dan ikutilah yang tidak membuat kamu ragu.
الفتوى رقم 7122
س : في هذا الزمان عديد من الجماعات والتفريعات ، وكل منها يدعي الانضواء تحت الفرقة الناجية و لا ندري أيها على حق فنتبعه. ونرجو من سيادتكم أن ندلونا على أفضل هذه الجماعات وأخيرها فنتبع الحق فيها مع إبراز الأدلة.
ج : كل من هذه الجماعات تدخل في الفرقة الناجية إلا من أتى منهم بمكفر يخرج عن أصل الإيمان ، لكنهم تتفاوت درجاتهم قوة وضعفا بقدر إصابتهم للحق وعملهم به وخطئهم في فهم الأدلة والعمل ، فأهداهم أسعدهم بالدليل فهما وعملا ، فاعرف وجهات نظرهم ، وكن مع أتبعهم للحق وألزمهم له ، ولا تبخس الآخرين إخوتهم في الإسلام فترد عليهم ما أصابوا فيه من الحق ، بل اتبع الحق حيثما كان ولو ظهر على لسان من يخالفك في بعض المسائل ، فالحق رائد المؤمن ، وقوة الدليل من الكتاب والسنة هي الفيصل بين الحق والباطل.
Fatwa nomor 7122
Pertanyaan : Di masa sekarang banyak terdapat jama'ah-jama'ah dan kelompok-kelompok, semuanya mengklaim termasuk dalam Firqah Najiyah ( Kelompok yang selamat), kami tidak tahu mana yang benar sehingga bisa kami ikuti, kami harap antum menunjukkan kepada kami jama'ah / kelompok yang lebih utama dan lebih baik sehingga kami mengkikuti yang Haq ( kebenaran), disertai dengan dalil-dalilnya.
Jawaban : Semua jama'ah/ kelompok tersebut termasuk dalam kategori Firqah Najiyah ( Kelompok yang selamat) kecuali jika ada kelompok yang melakukan hal-hal yang membuat dia kafir dan mengeluarkannya dari pokok keimanan, hanya saja tingkatannya berbeda-beda dari segi kekuatan dan kelemahannya sesuai dengan kebenaran yang mereka miliki dan amalan mereka dalam kebenaran tersebut, begitu juga kesalahan mereka dalam memahami dalil dan kesalahan dalam beramal, maka yang lebih dekat kepada kebenaran adalah yang lebih mengutamakan dalil dalam pemahaman dan amalan, maka engkau harus mengetahui titik pandang mereka dan ikutilah yang mengikuti kebenaran dan selalulah bersama mereka. Janganlah engkau meremehkan saudara sesama muslim sehingga engkau menolak kebenaran yang berasal dari mereka, akan tetapi ikutilah kebenaran walupun berasal dari lisan orang yang berbeda dengan engkau dalam beberapa permasalahan, kebenaran adalah petunjuk orang mukmin, kekuatan dalil dari Al Quran dan Hadits ( Al Kitab was Sunnah) merupakan hal yang memisahkan antara haq dan batil ( kebenaran dan kesalahan).

وبالله التوفيق وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
الرئيس : عبد العزيز بن عبد الله بن باز                عضو : عبد الله بن غديان
نائب رئيس اللجنة : عبد الرزاق عفيفي       عضو : عبد الله بن قعود
Hanya Allah-lah pemilik hidayah, dan semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya.

Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil Ketua : Abdur Rozzaq Afifi
Anggota : Abdullah bin Gadyan
Anggota : Abdullah bin Qa'ud

0 comments

Post a Comment