Shalat Jum'at Bagi Wanita

بسم الله الرحمن الرحيم

Shalat Jum’at tidaklah wajib bagi wanita berdasarkan kesepakatan para Ulama’ salaf (terdahulu) dan khalaf (sekarang), demikian dikatakan Ibnu Khuzaimah Rahimahullah dalam Shahihnya (3/112). Ibnu Qudamah Rahimahullah berkata, "Adapun wanita, maka tidak ada perselisihan pendapat di kalangan ulama tentang tidak wajibnya shalat Jum’at bagi kaum wanita." (Al Mughni, 2/338)

Dalil yang menunjukkan  tidak wajibnya shalat jum’at bagi wanita sangat banyak. Diantaranya hadits Rasulullah SAW yang berbunyi :  “Shalat Jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali (tidak diwajibkan) atas 4 orang. [1] Budak, [2] Wanita, [3] Anak kecil dan [4] Orang sakit.” (HR Abu Daud)
Namun apabila seorang wanita telah mengerjakan shalat Jum’at bersama Imam (di masjid) maka shalatnya sah dan tidak perlu lagi mengerjakan shalat Dzuhur. Demikian yang disepakati pada Ulama’ sebagaimana disebutkan Imam An Nawawi dalam Al Majmu’ Syahrul Muhadzdzab (4/495)   dan dalam kitab Bidayatul Mujtahid, juz 1, h. 127. Wallahu’alam.

0 comments

Post a Comment