“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang shalih dan berkata : ”Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” {Fushshilat: 33}

Sabtu

DALIL PUASA SENIN-KAMIS DAN PUASA DAUD


Bapak pengasuh, adakah dalil yang menunjukkan amalan puasa senin - kamis dan puasa selang-seling (puasa nabi Dawud). Demikian pertanyaan saya, mohon penjelasannya. Abdur Razzaq – Kaltim
Jawaban :
Kedua jenis puasa ini –yakni puasa pada hari senin kamis dan puasa Daud adalah dua jenis puasa yang disunnahkan dalam Islam. 
1.   Dalil puasa senin kamis
Mengenai pensyariatan puasa pada hari senin dan kamis ulama telah sepakat tanpa perbedaan pendapat.[1] Hal ini berdasarkan dalil-dalil berikut ini :
Dari Abi Hurairahadari Rasulullah n bersabda : "Seluruh amal diangkat pada hari Senin dan Kamis,  maka aku lebih menyukai saat diangkat amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Nasa’I dan lainnya)
Dari Abu Qatadah a  sesungguhnya Rasulullah n ditanya tentang puasa Senin.  Maka beliau menjawab : "Hari Senin adalah hari lahirku,  hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu."(HR. Muslim)
2.   Puasa Daud
Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling baik.[2] Dikatakan sebagai puasa terbaik dari sisi syari’at karena puasa ini adalah puasa terpanjang dan terlama yang ada dasar hukum dan legalitasnya dari Rasulullah n. Dalam sebuah hadits disebutkan :  “Berpuasalah dengan puasa yang terbaik, yaitu puasa Nabi Dawud q yaitu puasa sehari dan berbuka satu hari”. (HR. Nasa’I).
Dalam hadits lainnya : “Puasa terbaik adalah puasa Dawud, adalah ia berpuasa sehari dan berbuka sehari.” Dalam riwayat imam Bukhari dengan tambahan : “Tidak ada (puasa sunnah) yang lebih baik darinya.” (Mutafaqqun ‘Alaih)
Demikian. Wallahu a’lam.


[1] Al Mausu’ah Fiqhiyah al Kuwaitiyah (28/94), Fiqh ‘ala Mazhab al ‘Arba’ah (1/506).
[2] Al Mausu’ah Fiqhiyah al Kuwaitiyah (28/89),
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA,SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT