GHIBAH




Mohon dibahas tentang bahaya mengguncing (ghibah)

Jawab :

 “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu mengghibah sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS.Hujurat : 12)


Pengertian ghibah
Secara bahasa, kata “ghibah” (غيبة) berasal dari akar kata “ghaba, yaghibu” (غاب يغيب) yang artinya tersembunyi, terbenam, tidak hadir, dan tidak tampak. Kita sering menyebut kata “ghaib”, yang berarti tidak hadir.
Pengertian ghibah secara istilah adalah mengatakan sesuatu yang benar tentang seseorang di belakangnya tetapi hal itu tidak disukai oleh orang yang dibicarakan. Atau dalam definisi lain  ghibah diistilahkan dengan perbuatan membicarakan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan) baik dalam soal jasmaniahnya, agamanya, kekayaannya ,hatinya, akhlaknya, bentuk lahiriahnya dan sebagainya. Sebagaimana definisi ini telah diterangkan dalam sebuah hadits :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ قِيلَ أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِي أَخِي مَا أَقُولُ قَالَ إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُولُ فَقَدِ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ
Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam telah bersabda : Apakah kalian mengetahui apa itu ghibah? Para shahabat menjawab,  “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau bersabda : (Ghībah itu) adalah engkau mengatakan tentang saudaramu mengenai apa yang ia benci. Dikatakan kepada beliau : “Apakah pendapatmu jika yang ada pada saudaraku sesuai apa yang saya katakan.” Beliau bersabda : “Jika yang ada padanya sesuai apa yang engkau katakan, maka itulah ghibah, dan jika tidak sesuai yang ada padanya, maka sungguh engkau telah mendustakannya.” (HR. Muslim).
Juga dalam sebuah atsar disebutkan bahwa Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu berkata :”Ghibah adalah engkau menyebutkan apa yang kau ketahui pada saudaramu, dan jika engkau mengatakan apa yang tidak ada pada dirinya berarti itu adalah kedustaan”[1]
Contoh ghibah misalnya kita mengatakan tentang seseorang : ”Dia dari keturunan orang rendahan, atau dia akhlaqnya jelek…orang yang pelit, atau dia pendusta, dia tukang makan atau dengan perkataan ‘si fulan lebih baik dari pada dia dan lain-lain.

Keharaman ghibah celaan Allah dan rasulNya terhadap pelakunya

            Ulama sepakat tentang keharaman perbuatan ghibah. Bahkan sebagian para ulama ahli tafsir dan ahli fiqih berpendapat bahwa ia termasuk dari golongan dosa besar.   Berkata imam al Qurthubi dalam tafsirnya, “Tidak ada perbedaan pendapat dikalangan para ulama bahwa ghibah termasuk dosa besar, dan barangsiapa mengghibah seseorang, maka ia harus bertaubat kepada Allah. Dalil akan hal ini adalah firmanNya : “

وَلاَ يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُل لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ
Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya." (QS. Al Hujurat :12)

Dan bersabda Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam, “Ketika aku sedang dimi’rajkan, aku melewati suatu kaum yang memiliki kuku-kuku dari tembaga yang sedang mencakar wajah dan dada mereka. Aku bertanya : ‘Siapakah mereka wahai Jibril ?’. Jibril menjawab : ‘Mereka adalah orang-orang yang memakan daging manusia (mengghibah) dan mencela kehormatannya” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)
Dan juga sabda beliau :
إِنَّ مِنْ أَكْبَرِ الْكَبَائِرِ اسْتِطَالَةَ الْمَرْءِ فِي عِرْضِ رَجُلٍ مُسْلِمٍ بِغَيْرِ حَقٍّ
“Sesungguhnya termasuk dosa dari dosa-dosa besar adalah melanggar harga diri seorang muslim tanpa hak.” (HR. Abu Dawwud)

Dari ayat yang telah disebutkan Allah subhanahu wata'ala telah menyamakan ghibah dengan perbuatan kanibal, yakni memakan daging sesama manusia yang bahkan telah menjadi bangkai. Ini adalah gambaran sangat buruknya ghibah seperti buruknya kanibalisme yang juga amat sangat dibenci oleh jiwa manusia.
Gambaran buruknya perbuatan ghibah juga diberikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Qais : ‘Amru bin Al-‘Ash Radhiyallahu 'anh melewati bangkai seekor bighal (hewan hasil persilangan kuda dengan keledai), lalu beliau berkata, "Demi Allah, salah seorang dari kalian memakan daging bangkai ini (hingga memenuhi perutnya) lebih baik baginya daripada ia memakan daging saudaranya (yang muslim).” (HR. Bukhari)
Az-Zarkasyi berkata: “Dan sungguh aneh orang yang menganggap bahwasanya memakan bangkai dan daging manusia sebagai dosa besar, (tetapi) tidak menganggap bahwasanya ghibah juga sebagai dosa besar, padahal Allah menempatkan ghibah sebagaimana memakan bangkai daging manusia. Dan hadits-hadits yang memperingatkan ghibah sangat banyak sekali yang menunjukan kerasnya pengharaman ghibah.[2]
Imam Ghazali dan Imam Baihaqi meriwayatkan sebuah hadis bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Janganlah sekali-kali kamu melakukan pergunjingan, karena pergunjingan itu lebih berat dari perzinaan. Karena, jika seseorang yang berzina kemudian bertobat maka Allah mengampuninya. Sedangkan penggunjing tidak akan diampuni Allah, sebelum orang yang digunjingkan itu memaafkannya.”

Bahaya ghibah
Peringatan Allah dan RasulNya tentang larangan berbuat ghibah dalam kehidupan, karena dapat merusak hubungan persaudaraan sesama muslim (ukhuwah islamiyah). Padahal kita diperintahkan untuk saling bersaudara, saling menghargai, dan saling menguatkan.
Ghibah dapat merusak keharmonisan keluarga, tetangga, teman sekerja dan siapapun, bahkan dapat memecah-belah dan meruntuhkan sebuah organisasi atau negara. Sejarah telah membuktikan, bagaimana sebab-sebab terjadinya perpecahan yang melanda umat Islam dulu dan sekarang diantaranya adalah ketika ghibah sudah meraja-lela.
Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah naik ke atas mimbar dan menyeru dengan suara yang lantang :
يَا مَعْشَرَ مَنْ آمَنَ بِلِسَانَهِ وَلَمْ يَفْضِ الإِيْمَانُ إِلَى قَلْبِهِ لاَ تُؤْذُوا المُسْلِمِيْنَ وَلاَ تُعَيِّرُوا وَلاَ تَتَّبِعُوا عَوْرَاتِهِمْ فَإِنَّهُ مَنْ يَتَّبِعْ عَوْرَةَ أَخِيْهِ الْمُسْلِمِ تَتَّبَعَ اللهُ عَوْرَتَهُ وَمَنْ يَتَّبَعِ اللهُ يَفْضَحْهُ لَهُ وَلَو في جَوْفِ رَحْلِهِ
 “Wahai segenap manusia yang masih beriman dengan lisannya, namun iman itu belum meresap ke dalam hatinya, janganlah kalian menyakiti kaum muslimin, dan janganlah kalian melecehkan mereka, dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan-kesalahan mereka. Karena sesungguhnya barangsiapa yang sengaja mencari-cari kejelekan saudaranya sesama muslim maka Allah akan mengorek-ngorek kesalahan-kesalahannya. Dan barang siapa yang dikorek-korek kesalahannya oleh Allah maka pasti akan dihinakan, meskipun dia berada di dalam bilik rumahnya.” (HR. Tirmidzi)
Demikian juga ghibah bisa menyebabkan rusaknya akhlaq, hati dan jatuhnya kehormatan seorang muslim. Padahal kita diperintahkan untuk menjaga hal-hal tersebut dari kerusakan.

Peringatan dari orang-orang shalih terhadap ghibah
Dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha beliau berkata: Aku pernah berkata kepada Nabi shalallahu'alaihi wasallam : “Cukup bagimu dari Shafiyah ini dan itu”.. Maka Nabi berkata: ”Sungguh engkau telah mengucapkan suatu kalimat, yang seandainya kalimat tersebut dicampur dengan air laut niscaya akan merubahnya"(HR. Tirmidzi)
Imam Gazali meriwayatkan sebuah penggalan nasihat Allah kepada Nabiyullah Musa ‘alaihissalam “Barangsiapa yang mati dalam keadaan bertobat dari gunjingan, maka ia adalah orang terakhir yang memasuki surga. Dan barangsiapa yang mati dalam keadaan bergunjing, maka ia adalah orang pertama yang memasuki neraka.”[3]
Imam Baihaqi meriwayatkan  dari Thauf bin Wahb dia berkata : “Aku menemui Muhammad bin Sirin dan aku dalam keadaan sakit. Maka dia (Ibnu Sirin) berkata: ”Aku melihatmu sedang sakit.” aku berkata : Benar”. Maka dia berkata: “Pergilah ke tabib fulan, mitalah resep kepadanya”, (tetapi) kemudian dia berkata :”Pergilah ke fulan (tabib yang lain) karena dia lebih baik dari pada si fulan (tabib yang pertama)”. KemudianIbnu Sirin berkata: “Aku mohon ampun kepada Allah, menurutku aku telah mengghibahi dia (tabib yang pertama)"[4]

Cara bertaubat dari dosa ghibah
Al imam an Nawawi dan al Ghazali menyebutkan bahwa syarat diterimanya sebuah taubat bila berkaitan dengan hak Allah ada tiga perkara. Yang pertama hendaknya berhenti dari mengerjakan dosa tersebut, kedua menyesal, dan yang ketiga adalah bertekat dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi dosa tersebut lagi.
Sedangkan dosa bila ada kaitannya dengan Huquq al adamiy (Hak-hak manusia), selain tiga syarat yang disebutkan diatas, ada lagi syarat yang keempat, yakni mengembalikan hak orang yang didzalimi, atau meminta kemaafan dan pembebasan (tuntutan) atas kedzaliman tersebut.
            Orang yang mengerjakan dosa ghibah, wajib menunaikan empat syarat ini. Karena ghibah adalah termasuk dosa yang berkaitan dengan hak-hak manusia. Dan tidak boleh tidak, dia harus minta kehalalan/ maaf kepada orang yang telah di ghibah.
Tatacara meminta kemaafan kepada orang yang di ghibah
            Apakah seseorang yang menggibah ketika meminta maaf cukup mengatakan ‘saya telah menggibah anda karena itu tolong maafkan saya’ ataukah dia harus menjelaskan tentang ghibah apa yang dia lakukan ? Para ulama terbagi menjadi dua pendapat. Pendapat pertama mengatakan bahwa orang yang bertaubat dari ghibah tersebut wajib menjelaskan kepada orang yang diminta kemaafannya tersebut tentang apa yang dia ghibahkan. Karena menurut pendapat pertama ini, suatu kemaafan yang diberikan seseorang tidak  sah untuk sesuatu yang belum jelas.
Sedangkan pendapat kedua, mengatakan tidak perlu menjelaskan tentang sesuatu yang dighibahkan tersebut, karena ini sudah tercukupi dengan kemaafan bila diberikan oleh orang yang didzalimi tersebut (dighibah).
Dari dua pendapat ini, yang paling dipandang rajih dan utama diamalkan adalah yang pertama. Hendaknya orang yang menuntut keridhaan dari orang yang didzalimi tersebut menjelaskan apa yang sudah dia ghibahkan. Seraya menyesal dan memohon kehalalan atas kedzalimannya.
Bagaimana bila orang yang sudah dighibah tidak bisa ditemukan atau meninggal dunia ?
Bila demikian keadaanya, para ulama menganjurkan orang yang melakukan ghibah untuk banyak memohonkan ampun kepada Allah, berdoa dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnnya untuk orang yang telah dia ghibahi tersebut. Dalil akan hal ini adalah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu , Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda :
كَفَّارَةُ مَنْ اغْتَبْته أَنْ تَسْتَغْفِرَ لَهُ
“Penebus dosa bagi orang yang mengghibah adalah dengan memperbanyak istighfar untuk orang yang dighibah.”[5]
Imam Mujahid rahimahullah berkata, “Penebus dosa memakan daging saudaramu (ghibah) adalah dengan banyak memujinya dan mendoakan kebaikan untuknya.”
Ada sebagian perkataan yang menyatakan bahwa hadits diatas menjadi dalil tidak perlunya meminta kehalalan dari orang yang dighibah oleh orang yang menggibah. Cukup dengan melakukan hal sebagaimana yang disebutkan. Tapi pendapat ini lemah. Karena hal ini bertentangan dengan hadits shahih yang berbunyi,
مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلِمَةٌ لأِخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْل أَنْ لاَ يَكُونَ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلِمَتِهِ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَتْ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِل عَلَيْهِ
“Barangsiapa yang melakukan kedzaliman kepada saudaranya, baik terkait masalah kehormatannya atau hal lainnya, maka hendaklah ia menuntut kehalalannya sekarang. Sebelum datang hari dimana tidak berguna lagi dinar dan dirham. (karena bila telah tiba hari tersebut) Amal shalih akan diambil (diberikan kepada orang yang didzalimi) sesuai dengan kadar kedzalimannya. Dan apabila tidak ada kebaikannya/amal shalihnya, maka akan diambilkan dosa orang yang terdzalimi dan dibebankan kepadanya.” (HR. Bukhari)
Dan juga diriwayatkan bahwa seorang wanita berkata kepada seorang wanita lain tentang hal seseorang dihadapan umul mukminin ‘Aisyah radhiyallahu’anha, maka beliau berkata :“Engkau telah menggibahnya, minta kehalalannya !”
Maka jelaslah bahwa dosa ghibah harus dimintakan kehalalan dari orang yang dighibah jika mampu. Terkecuali bila ia tidak bisa ditemukan atau meninggal, maka hendaknya ia memperbanyak istighfar, doa dan amal kebaikan lainnya untuknya.[6]
  Wallahu a’lam.



[1] Kitab As-Samt no 211, berkata Syaikh Abu Ishaq Al-Huwaini : “Rijalnya (para perawinya) tsiqah (terpercaya)”
[2] Subul as Salam (4/299).
[3] Mukhtasar Ihya Ulumidin,1990: 241.
[4] Kitab az Zuhud (3/ 748).
[5] Hadits ini disebutkan oleh al ‘Iraqi dalam Takhriju Ahadits al Ihya (3/150), Isnadnya lemah.
[6] Al adzkar li imam an Nawawi hal 308, Ihya al Ulumiddin (3/150), Mukhtashar Minhaj al Qaashidin hal 173.